Lompat ke konten

AI-Gama dan Gama-Bot, implementasi teknologi kecerdasan artificial untuk peningkatan layanan dan penyampaian informasi melalui Search UGM

Transformasi Digital Universitas Gadjah Mada (UGM) tidak hanya sekadar tentang mengadopsi teknologi baru, tetapi juga tentang menciptakan budaya kolaborasi dan inovasi yang berkelanjutan. Dengan fokus pada mewujudkan konsep intelligent university, UGM menggunakan data analytics dan kecerdasan buatan sebagai alat produktivitas untuk meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan nilai tambah.

Salah satu langkah konkret dalam mewujudkan visi ini adalah melalui pelaksanaan workshop yang diadakan oleh Biro Transformasi Digital UGM pada Jumat, 22 Maret 2024. Workshop ini bertujuan untuk membahas “Lesson Learned Pengembangan Search UGM: AIGama dan GamaBot” sebagai bagian dari pengenalan dan peluncuran platform Search UGM yang dapat diakses melalui http://search.ugm.ac.id.

Workshop dimulai dengan pengarahan dari Dr. Mardhani Riasetiawan, Kepala Biro Transformasi Digital UGM, yang menjelaskan tentang Search UGM. Kemudian, Bapak Agung Nashri Hanif, S.Kom, sebagai pemimpin tim pengembangan, memaparkan teknologi dan proses pengembangannya.

Search UGM merupakan hasil kolaborasi tim Biro Transformasi Digital UGM dengan melibatkan tenaga TIK dari berbagai unit kerja dan Fakultas/Sekolah di UGM di bawah koordinasi Bapak Agung Nashri Hanif, S.Kom. Pendekatan ini menunjukkan bahwa dengan model pengembangan inovatif dan kolaboratif, terobosan dapat diwujudkan.

Dalam implementasinya, Search UGM menggunakan teknologi kecerdasan buatan dalam layanan yang diberi nama AI-Gama, yang menghasilkan konten yang relevan bagi UGM, dan Gama-Bot, sebuah layanan chat bot pada aplikasi WhatsApp untuk layanan dan informasi. Tools ini didukung oleh konten dari sumber informasi di domain UGM. Konten tersebut digunakan untuk membangun model pengetahuan yang mampu memberikan informasi, menjawab pertanyaan, dan menghasilkan konten baru berbasis pengetahuan tersebut. Saat ini, UGM search dapat pula diakses dengan melakukan kontak/mengirimkan pesan WhatsApp ke nomor http://wa.me/082328431120.

Search UGM tidak hanya menjadi alat untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan layanan di UGM, tetapi juga menjadi bagian dari upaya UGM dalam mencapai Sustainable Development Goals (SDGs). Melalui Search UGM, UGM berkontribusi pada pencapaian SDGs 4 tentang Pendidikan Berkualitas, SDGs 9 tentang Industri, Inovasi, dan Infrastruktur, serta SDGs 17 tentang Kemitraan untuk mencapai tujuan. Dengan demikian, Search UGM bukan hanya sebuah inovasi teknologi, tetapi juga merupakan upaya nyata dalam memajukan pendidikan dan pembangunan berkelanjutan di Indonesia.